Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdalduk KBP3A Murung Raya Gelar Pemilihan Duta GenRe

  • Oleh Tim Borneonews
  • 03 April 2023 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KBP3A) Kabupaten Murung Raya menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Duta Muda Inspirasi, Senin, 3 April 2023.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana, Lynda Kristiani, mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam program GenRe dikembangkan materi-materi di antaranya adalah pencegahan stunting melalui aplikasi elsimil, kesehatan reproduksi remaja, life skill, dan penyiapan kehidupan bagi remaja, serta kependudukan dan pembangunan keluarga yang dilaksanakan melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja).

“Sebagai salah satu jalan agar program ini bisa dikenal di remaja, maka dibutuhkan figure yang bisa menjadi model dan panutan di kalangan remaja, untuk itulah dipandang perlu diadakan Apresiasi Duta GenRe dan Duta Muda Inspirasi Tingkat Kabupaten Murung Raya Tahun 2023,” ujar Lynda.

Selain pemilihan GenRE, pihaknya juga berkolaborasi dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan pariwisata Kabupaten Murung Raya yaitu pemilihan Duta Muda Inspirasi di mana nanti akan dipilih satu pasang peserta yang memenuhi kriteria untuk manjadi Duta Muda Inspirasi 2023.

Menurut Lynda, berdasarkan data Sensus Penduduk Biro Pusat Statistik 2020, Penduduk Kalimantan Tengah berjumlah 2,67 juta jiwa yang didominasi oleh remaja generasi 2 zilenial yang lahir tahun 1997- 2012 atau yang berusia 10-25 tahun sebanyak 30,11 persen, yang berarti bahwa populasi remaja di Kalimantan Tengah mempunyai jumlah yang cukup besar dan perlu perhatian.

“Karena banyak permasalahan yang menimpa remaja saat ini antara lain pernikahan dini, seks pranikah dan NAFZA serta penyakit seksual seperti human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS),” terang Lynda.

Maka, berkaitan dengan hal tersebut pemerintah menggelorakan program GenRe yaitu program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). Sehingga, mereka mampu melangsungkan jenjang Pendidikan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Selanjutnya, meningkatkan sosialisasi Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan dan Promosi Keluarga, serta pencegahan stunting sejak remaja melalui program GenRe di kalangan remaja, agar remaja mempunyai pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

“Kemudian menginspirasi generasi muda daerah, berkontribusi dan berkarya, mengkampanyekan Murung Raya emas 2030 dan menjadi brand ambassador resmi duta inspirasi Kabupaten Murung Raya dan menebar bermanfaatan seluas-luasnya,” sebutnya.

Sementara itu, Sekda Murung Raya, Hermon, menyampaikan GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, juga menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS serta pengaruh negatif lainnya dalam pergaulan.

Berita Terbaru