Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Kasus Kematian Akibat DBD Terjadi di Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 26 Juli 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue  atau DBD  di wilayah Kabupaten Seruyan hingga saat ini cukup mengkhawatirkan, bahkan sudah ada korban meninggal dunia akibat gigitan nyamuk aedes Aegypti ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, dr Bahrun Abbas menyampaikan hingga Rabu, 26 Juli 2023 terdapat 286 kasus demam berdarah, di antaranya terjadi 4 kasus kematian di wilayah Kuala Pembuang.

Diantara jumlah kasus tersebut, terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir yakni sebanyak 218 kasus.

 “Banyaknya kasus DBD yang terjadi, menjadi fokus kita dan menjadi hal yang urgensi  sehingga perlu adanya dukungan semua pihak dalam memutus rantai penularan kasus demam berdarah , “ kata Abbas

Bahrun Abbas menyebut,  pihaknya tidak akan bisa atau tidak mampu jika   sendiri  menanggulangi penyebaran penyakit demam berdarah, sehingga  perlu ditangani secara lintas sektor dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

“Upaya fokus fogging  yang sudah dilakukan, juga  kurang efektif dalam pencegahan demam berdarah, karena fogging hanya membunuh nyamuk, tidak jentiknya,“ ungkapnya.

Dikatakan, untuk menekan penyebaran DBD harus disertai dengan kegiatan kegiatan lain  yang sifatnya masif dan dilakukan secara bersama sama  oleh seluruh masyarakat

Diharakan dengan kerjasama antara seluruh sektor dan masyarakat kasus demam berdarah bisa ditekan atau diminimalisir

“Upaya paling efektif adalah  dengan gerakan pemberantasan sarang nyamuk  atau PSN, untuk itu dukungan pihak Kecamatan, Desa dan Kelurahan  untuk menggerakan seluruh masyarakat, agar gerakan ini dapat dimaksimalkan sangat kita harapkan, “ tandasnya. (FAHRUL/Y)

Berita Terbaru