Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Jadikan Porprov Kalteng Ajang Pencarian Bibit Atlet

  • Oleh ANTARA
  • 26 Juli 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan menjadikan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII/2023 Kalteng di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai ajang pencarian bibit atlet.

"Momen ini tak hanya kita manfaatkan untuk unjuk prestasi di bidang olahraga, tetapi juga sebagai pencarian bibit atlet muda berbakat untuk selanjutnya kita tingkatkan pembinaannya, sehingga regenerasi berbagai bidang olahraga di Kabupaten Katingan terjaga bahkan meningkat prestasinya," kata Bupati Katingan Sakariyas di Kasongan, Rabu.

Sebagai tambahan penyemangat atlet dan kontingen Kabupaten Katingan, pemkab setempat telah menyiapkan bonus uang senilai Rp15 juta bagi atlet di berbagai cabang olahraga peraih emas dalam laga itu.

"Bonus ini sifatnya tidak mengikat, artinya ada partisipan dari pihak ketiga, kemudian anggaran Porprov ini kita dibiayai oleh APBD," katanya.

Dia menargetkan kontingen Katingan minimal masuk urutan lima besar Porprov Kalteng tahun ini.

"Sebenarnya saya ingin tetap bertahan dengan pada lima besar, paling tidak itu. Namun ada beberapa cabang olahraga yang tidak mengikuti. Tetapi hari ini saya melihat tadi ada potensi untuk mendapatkan medali pada cabang olahraga menembak," kata dia.

Saat melepas keberangkatan rombongan di halaman Kantor Bupati Katingan, Sakariyas berpesan kepada para atlet agar tetap menjaga kesehatan dan nama baik daerah saat porprov.

Dia mengatakan kontingen Kabupaten Katingan mengikuti 22 cabang olahraga, sedangkan lima cabang olahraga lainnya tidak diikuti, salah satunya sepak bola.

"Jadi kemarin itu kenapa sepak bola kita tidak dikirim, karena PSSI Katingan kita sudah habis masa kepengurusannya. Seharusnya kemarin itu, PSSI ini ada mandat dari provinsi ke kabupaten untuk menunjuk ketua PSSI sementara. Ini tidak ada, jadi kita tidak bisa berbuat," katanya.

Dia berharap, pada porprov tahun ini bisa mempertahankan posisi empat besar atau setidak-tidaknya lima besar Porprov Kalteng.

Ketua kontingen Katingan, Risnaduar, mengatakan rombongannya mengikuti 22 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan total peserta 503 orang, terdiri atas 435 atlet dan ofisial, 40 orang panitia, dan 28 orang pengurus KONI Katingan.

Berita Terbaru