Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdagperinkop dan UKM Kapuas Berikan Pelatihan Kreasi Anyaman Hati Rotan di Desa Mantangai Hilir

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Juli 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Disdagperinkop dan UKM Kapuas melalui Bidang Industri menggelar pelatihan kreasi anyaman hati rotan bagi para pengrajin di Desa Mantangai Hilir, Kecamatan Mantangai.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 25 - 27 Juli 2023 ini diikuti 40 peserta. Mereka antusias mengikuti pelatihan yang diberikan.

Dalam pelatihan ini dibimbing oleh 3 orang instruktur, yaitu Slamet dan Restu dari UD. Nabil Rehan Rotan Kapuas dan Sugio dari PT. Sari Karya Banjarmasin merupakan salah satu eksportir rotan.

Para peserta diajarkan menganyam Hati Rotan yang di kreasi dengan enceng gondok menjadi produk - produk rumah tangga seperti talam, keranjang, tempat minuman, tudung saji, tas HP, tempat tisu dan lain-lain.

Mengingat, dalam menganyam Hati Rotan di padu dengan enceng gondok merupakan hal yang baru bagi peserta, sehingga perlu kesabaran dari instruktur dan ke uletan peserta serta semangat bagi peserta dalam membuat produk ini.

"Karena sebagian peserta biasanya hanya menganyam tikar dari kulit rotan (amak jawet)," kata Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Apendi melalui Kabid Industri, Ferdinan Junarko kepada wartawan, Rabu, 26 Juli 2023.

Menurut dia pelatihan ini penting diberikan, karena selama ini di Desa Mantangai Hilir, hati rotan hanya sebagai limbah saja dan dibuang percuma, bahkan di bakar.

"Setelah dilakukan pelatihan menganyam hati rotan ini masyarakat menjadi tahu bahwa hati rotan yang di anyam menjadi sebuah produk bisa mendatangkan hasil yang mempunyai nilai cukup tinggi," ucapnya.

Dia berharap dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat terus mengembangkan diri dan lebih berkereasi lagi di dalam membuat produk berbahan hati rotan yang nanti dapat menjadi penghasilan tambahan bagi keluarga. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru