Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Gelar Bimtek Keamanan Pangan Bagi Pelaku IRTP

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Juli 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangga Pangan (IRTP) di Aula Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD).

Saat membuka kegiatan tersebut, Bupati Lamandau Hendra Lesmana berharap, pelaku usaha dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang keamanan pangan dan mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai syarat pengajuan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga.

“Saya berharap selesai bimbingan teknis ini seluruh peserta dapat menerapkan apa yang dijelaskan oleh narasumber untuk meningkatkan keamanan pangan di Kabupaten Lamandau,” ucap Bupati Hendra di Nanga Bulik, Kamis, 27 Juli 2023.

Sementara, Kepala Dinkes Kabupaten Lamandau, Rosmawati menjelaskan, tujuan dari Bimtek itu yakni untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan pengusaha IRTP tentang pengolahan makanan yang baik sesuai persyaratan kesehatan.

Selain itu, pelaku IRTP juga diharapkan memperhatikan standar mutu dan digelarnya Bimtek tersebut agar dapat memberikan pembekalan kepada pengelola atau pemilik IRTP supaya mampu memproduksi pangan yang sehat, aman, bermutu, dan higienis.

“Serta meningkatkan keamanan dan mutu produk IRTP yang beredar di masyarakat,” bebernya.

Diketahui, peserta yang mengikuti Bimtek itu berasal dari sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Lamandau, diantaranya 66 orang dari Kecamatan Bulik, 29 orang dari Kecamatan Bulik Timur, dan dari Kecamatan Menthobi Raya sebanyak 12 orang.

Sebagai pemateri pada acara bimtek tersebut, panitia pelaksana kegiatan mendatangkan narasumber dari Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru