Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Seruyan Diminta Waspadai Penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 27 Juli 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Masyarakat Kabupaten  Seruyan diminta waspada  terhadap Penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus atau dikenal dengan kencing manis,  yang saat ini juga mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Seruyan dr Bahrun Abbas menyebut, penyakit tidak menular ini seyogyanya bisa dilakukan langkah pencegahan dengan menggencarkan sosialisasikan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas.

“Setiap Puskesmas   agar bisa menggencerkan sosialisasi untuk mengurangi kasus penyakit tidak menular, salah satunya dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, “  katanya, Rabu, 26 Juli 2023

Menurutnya, masyarakat bisa mencegah penyakit tidak menular seperti Hipertensi dan Diabetes dengan melakukan aktivitas  fisik sehari hari, rutin berolahraga , makan buah  dan sayuran, tidak merokok, tidak minum minuman keras, serta harus  rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kemudian, dengan adanya sosialisasi secara langsung diharapkan masyarakat memulai   untuk selalu hidup sehat, sehigga  kecendrungan peningkatan kasus penyakit tidak menular bisa ditekan.

“Kami harapkan kawan kawan Puskesmas agar kembali gencar menyampaikan kepada masyarakat tentang pencegahan penyakit tidak menular melalui Germas, “ pintanya

Dijelaskan Abbas, penyakit ini mayoritas di derita orang dengan usia produktif, namun setelah terkena penyakit ini maka  produktivitasnya   akan mengalami penurunan

“ Setelah itu perlu biaya untuk pengobatan, sehingga secara tidak langsung penyakit tidak menular juga sangat mempengaruhi ekonomi masyarakat, “ imbuhnya.

Untuk itu, Abbas kembali mengajak masyarakat agar membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, dengan melakukan aktivitas  fisik, rutin berolahraga , makan buah  dan sayur, tidak merokok, tidak minum minuman keras, mengunakan jamban,  rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan menjaga kesehatan lingkungan. (FAHRUL/Y)

Berita Terbaru