Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gapensi Pulang Pisau Optimalkan Peningkatan Daya Saing Pengusaha Lokal

  • Oleh ANTARA
  • 28 Juli 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Migu Hartaku menegaskan pihaknya berkomitmen untuk memperkuat daya saing pengusaha lokal di wilayah setempat.

"Peningkatan daya saing ini penting agar pengusaha lokal bisa terus mendapat tempat. Itu menjadi salah satu target dalam masa kepemimpinan saya," kata Migu Hartaku di Pulang Pisau, Jumat.

Dia menyampaikan dalam waktu dekat, Gapensi juga bersiap melakukan konsolidasi dan audiensi bersama pemerintah setempat, membahas bagaimana ke depan pengusaha lokal bisa diberi kesempatan dan peluang pekerjaan untuk bersama-sama berkarya membangun Pulang Pisau.

Dijelaskan, merosotnya jumlah keanggotaan Gapensi setempat yang saat ini hanya tinggal sekitar 30 anggota dari sebelumnya 60 anggota, tak terlepas dari aturan terbaru yang dinilai agak sulit, seperti Sertifikat Badan Usaha (SBU) dengan memakan waktu proses cukup lama dan syarat lain yang masih belum bisa dipenuhi.

"Menurunnya jumlah anggota juga disebabkan pekerjaan yang lebih sedikit dengan persaingan dari pengusaha luar daerah yang lebih sulit," ucapnya.

Adapun persaingan itu, sebut Migu Hartaku, mulai dari kalah dalam penawaran yang lebih rendah, disebabkan tidak semua pengusaha lokal memiliki peralatan sendiri yang cukup lengkap, sehingga tidak berani melakukan penawaran lebih rendah dalam proses lelang pekerjaan.

"Permasalahan ini tentu yang menjadi pekerjaan rumah bagi Gapensi, agar nantinya pengusaha lokal memiliki kesiapan dan kemantapan bersaing dengan pengusaha dari luar daerah," tuturnya.

Evaluasi kembali, terang dia, dilakukan pada basic prize atau harga standar barang dan jasa. Sebagian harga ini sudah terjadi perubahan, seperti Galian C yang meningkat secara signifikan dari Rp5 ribu menjadi Rp60 ribu-Rp80 ribu per m3 memberatkan para pengusaha.

Dia pun berharap LPSE setempat juga bisa memberi kemudahan bagi para pengusaha lokal. Pemberlakuan lima paket untuk satu perusahaan juga dinilai cukup memberatkan dan perlu dievaluasi kembali.

"Tidak masalah, apabila pekerjaan bernilai miliaran rupiah, namun bagi yang dapat pekerjaan dengan nilai hanya puluhan juta saja tentu harus menjadi perhatian," kata Migu.

ANTARA

Berita Terbaru