Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri LHK Ajak Delegasi G20 Atasi Tantangan Perubahan Iklim

  • Oleh ANTARA
  • 28 Juli 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengajak seluruh delegasi yang hadir pada Kepresidenan G20 India untuk bersama-sama mengatasi tantangan multidimensi lingkungan dan perubahan iklim.

"Di tengah krisis multidimensi, tidak ada pilihan lain selain bekerja sama. Paradigma kolaborasi harus dikedepankan," ujarnya dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menteri Siti memimpin Delegasi Republik Indonesia pada G20 Environment and Climate Sustainability Ministerial Meeting yang diselenggarakan di Kota Chennai, Negara Bagian Tamil Nadu, India, pada Jumat.

Pertemuan tersebut mempertemukan sekitar 300 delegasi dari negara anggota G20, negara undangan, dan beberapa organisasi internasional dengan fokus pada finalisasi Ministerial Outcome dan Presidency Documents.

Pertemuan tingkat menteri itu membahas isu-isu penting seperti mitigasi perubahan iklim, adaptasi, dan sarana implementasi atau pembiayaan iklim.

Pertemuan tersebut juga fokus pada degradasi lahan, keanekaragaman hayati dan deforestasi, ekonomi biru, dan mempromosikan ekonomi sirkular.

"Saya yakin bahwa di bawah bimbingan Kepresidenan India, G20 akan mencapai banyak hasil penting," kata Siti.

Ia mengatakan G20 harus menjadi katalisator dan mengambil peran utama dalam mengimplementasikan sejumlah komitmen lingkungan global.

Menurut dia, Indonesia juga terus mendesak G20 untuk tetap utuh dan bekerja untuk memberikan manfaat nyata yang dinantikan oleh masyarakat global.

Pada forum itu, Menteri Siti juga memberikan intervensi singkat terkait isu lahan dan keanekaragaman hayati, serta pengelolaan sumber daya air.

Berita Terbaru