Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Dukung Program Genre untuk Menciptakan SDM Berkualitas

  • Oleh Donny Damara
  • 31 Juli 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya program Generasi Berencana (Genre) yang telah lama dicanangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Adanya pencanangan program Genre ini salah satu tujuannya yakni untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serta sebagai wadah informasi penting bagi kalangan remaja atau generasi muda khususnya yang belum menikah.

"Program Genre ini sangat bagus dan kita mendukung itu. Program ini sebagai wadah bagi remaja untuk mendapatkan informasi penting salah satunya terkait pencegahan stunting semenjak dini," ucapnya, Senin, 31 Juli 2023.

Wiyatno mengakui, dirinya tentu mengapresiasi kegiatan yang berlangsung dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 di Kabupaten Kapuas yang diisi dengan aksi Genre Remaja cegah stunting tingkat Provinsi Kalteng Minggu 30 Juli 2023 kemarin.

"Aksi-aksi dari Genre ini patut kita dukung, kegiatan utamanya sosialisasi terkait pencegahan stunting sangat perlu dilakukan. Tentu sosialisasi atau pelayanan konseling melalui Genre ini akan dapat membantu generasi muda untuk menjadi SDM berkualitas," ujarnya.

Dicanangkannya program Genre oleh pemerintah melalui BKKBN serta sosialisasi upaya pencegahan stunting merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam rangka menekan kasus stunting khususnya di Kalteng sehingga dapat tercipta generasi yang handal, inovatif dan berdaya saing.

"Stunting ini merupakan persoalan kesehatan yang perlu ditangani dengan serius. Stunting sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial dan masa depan anak-anak dimasa yang akan datang, segingga masalah kesehatan ini harus bisa kita lawan dengan aksi-aksi nyata," tuturnya.

Wiyatno berharap selain upaya dari pemerintah menekan kasus stunting terutama di Kalteng, peran serta masyarakat juga sangat diharapkan, sehingga kedepan kasus stunting bisa ditekan dan akan tercipta generasi yang bisa menjadi penerus kepemimpinan dan pembangunan Kalteng.

"Apapun program pemerintah berkaitan dengan penanganan stunting perlu kita dukung secara bersama-sama. Mari kita lawan stunting agar tidak ada lagi persoalan kesehatan ini di wilayah Bumi Tambun Bungai, yang kita harapkan generasi kita semuanya sehat dan mampu menjadi penerus yang handal, berkualitas, serta inovatif," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru