Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menjadi Pribadi yang Sehat Jasmani, Rohani, Sosial, dan Spiritual

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Agustus 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setiap manusia tentu ingin hidup sehat. Sehat jasmani saja tentu belum cukup. Manusia perlu juga sehat secara rohani, sosial, dan spiritual. Sebagai muslim tentu harus hidup secara sehat. Selain senantiasa menjaga raga dengan makanan dan minuman yang baik dan halal, membiasakan bersedekah juga bisa menyehatkan.

Hal ini disampaikan Ustaz H M Zuhri Jalil, dalam tausiahnya di Sekretariat PC Muhammadiyah Pahandut.

Di hadapan jemaah pengajian ia menjelaskan bahwa banyak contoh sering didengar sedekah itu menghadirkan kesembuhan dan kesehatan. Ada orang sembuh dari sakit setelah berupaya berobat dan bersedekah.

"Ini sesuai dengan sabda Rasulullah, yakni Obatilah orang-orang sakit di antaramu dengan sedekah (H.R. Baihaqi)," kata Ustaz Zuhri dalam rilisnya pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Bersedekah juga menurutnya menghadirkan kemaslahatan bagi umat. Sebagai contoh, Organisasi Muhammadiyah banyak punya amal usaha, seperti sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat luas. Ini merupakan wujud bahwa banyak warga dan simpatisannya yang suka bersedekah. 

"Tentu sedekah tak harus berupa uang atau harta benda. Dengan senyum silaturahmi yang ikhlas pun kita bisa bersedekah. Rasulullah Saw. bersabda, Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu," tuturnya lagi.

Nah, agar sehat lahir batin, sehat sosial, dan sehat spiritual, lanjut Ustaz Zuhri, dirinya mengajak umat untuk membiasakan bersedekah dan memberikan manfaat bagi orang lain.

"Selain itu kita tentu juga harus menjadi orang yang pandai mengontrol emosi dan bersabar. Orang yang penyabar dan pemaaf akan sehat batinnya dan tidak akan terkena penyakit dendam. Oleh karena itu, jadilah pemaaf, dimintai maaf maupun tidak, tetap suka memaafkan orang lain," tuturnya.

Dirinya mengajak umat yang hadir untuk tetap menjadi manusia yang senantiasa pandai bersyukur. Jika dilimpahi  kesenangan bersyukur, jika dapat musibah bersabar. Jangan memelihara rasa iri karena itu membuat sakit dan menimbulkan penyakit.

"Selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan juga bisa menjadi penyembuh dari sakit dan menghadirkan kesehatan lahir batin. Terus meningkatkan takwa juga menjadi jalan untuk sehat dan menjadi solusi bagi kesulitan yang kita hadapi. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa dikaruniai kesehatan lahir, batin, sosial, dan spiritual. Semoga kita selalu bersyukur dan bersabar dalam menerima rezeki dan musibah. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah Swt," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru