Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Bataguh Dorong Posyandu Tingkatkan Strata

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Agustus 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Camat Bataguh Syuryadin mendorong Pos Pelayanan terpadu atau Posyandu yang ada di wilayahnya dapat meningkatkan strata.

Syuryadin bilang Posyandu sendiri adalah jenis kegiatan pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan anak. Posyandu menyelenggarakan minimal 5 program prioritas yaitu kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, perbaikan gizi, imunisasi dan penanggulangan diare. 

Memantau perkembangannya, Posyandu dikelompokkan ke dalam 4 strata posyandu yaitu strata pratama, strata madya, strata purnama dan strata mandiri. 

"Di Kecamatan Bataguh, secara rata rata Posyandu banyak strata madya, akibatnya posisi strata itu kurang terdeteksi oleh Dinas Kesehatan, maka dari itu kita berupaya menaikan ke strata Purnama," katanya, Selasa, 1 Agustus 2023.

Dia menuturkan posisi madya itu hanya setingkat di atas Pratama dan posyandu Pratama adalah posyandu yang belum optimal. Kegiatan bulanan belum rutin, jumlah kader kurang dari 5. 

"Posyandu madya adalah posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan jam buka lebih dari 8 kali per tahun, rata-rata jumlah kader 5 atau lebih, cakupan kegiatan utama masih kurang dari 50 persen," jelasnya.

Dari pihak Kacamatan Bataguh dibantu Pendamping desa, pun mendorong hal itu dengan mendatangi posyandu di wilayah kerja Puskesmas Pulau Kupang dan dibantu tenaga kesehatan juga. 

"Upaya kita adalah agar posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Bataguh mengejar persyaratan untuk meningkatkan strata di atas madya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru