Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lebih Dua Pekan Katingan Tak Diguyur Hujan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Agustus 2023 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Cuaca panas sejak akhir Juli hingga awal Agustus 2023 terjadi di Kabupaten Katingan.

Di Kasongan ibukota Kabupaten Katingan misalnya, sudah lebih dua pekan terakhir wilayah kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini tak lagi diguyur hujan.

Dampaknya di beberapa tempat kebakaran lahan skala kecil mulai terjadi dan dapat dikendalikan baik oleh warga sekitar maupun pihak tim gabungan pencegahan Karhutla Kabupaten Katingan.

Dampak lain akibat jarangnya turun hujan, yakni Sungai Katingan yang memiliki panjang lebih dari 600 kilometer saat ini menyurut.

Anak sungai lainnya di wilayah ini seperti Sungai Salak di Kasongan juga dangkal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus, Rabu, 2 Agustus 2023 menuturkan berdasarkan prakiraan pihak BMKG Kalteng, musim kemarau tahun 2023 ini bakal berlangsung lebih panas dibanding sebelumnya.

Di Katingan sendiri pada akhir Juni hingga awal Juli 2023 sebelumnya sempat terjadi cuaca panas dengqn lebih dua pekan tak turun hujan.

Akan tetapi kemudian curah hujan meninggi, hingga menyebabkan  daerah aliran sungai (DAS) Katingan sempat meluap di beberapa wilayah.

Namun akhir Juli hingga awal Agustus 2023 ini cuaca panas kembali terjadi dengan tidak turun hujan lebih dua pekan.

"Harapan kami disela cuaca panas itu ada hujan turun, sehingga dampak kemarau bisa diminimalisir," imbuh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Katingan, Markus. (ABDUL GOFUR/J)

Berita Terbaru