Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Rencanakan Penyaluran Elpiji 3 Kg Lewat BUMDes

  • Oleh Noor Annisa
  • 03 Agustus 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Melambungnya harga elpiji 3 kg di Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi perhatian pemerintah. Bupati Kotim Halikinnor bahkan merencanakan jalur pendistribusiannya agar bisa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Menjadi perhatian khusus terkait gas dan listrik karena hajat hidup masyarakat," ungkap Halikin, Kamis, 3 Agustus 2023.

Dia menegaskan, pemerintah daerah telah menetapkan harga eceran terendah (HET) namun kenyataannya di lapangan harga masih mencapai Rp. 50 ribu, harga tersebut bahkan untuk di dalam kota.

"Kita akan surati BPH Migas dan pelaku usahanya, kita membahas secara spesifik permasalahannya, bagaimana jika disalurkan lewat BUMDes sehingga kita tahu kebutuhan setiap desa, kalau BUMDes nakal kita sanksi," bebernya.

Menurutnya, selain jalur pendistribusian yang belum benar, penyebab kelangkaan dan mahalnya gas elpiji bersubsidi ini juga disebabkan 6 kecamatan di Kotim yang memang belum dikonversi dari minyak tanah ke gas, meski pemerintah daerah sudah lama memperjuangkan.

Halikin juga menilai, keberadaan pangkalan elpiji di Kotim tidak merata sehingga juga berpengaruh terhadap pendistribusian gas elpiji tabung 3 kg.

"Kita melihat kalau pangkalan lebih banyak di Kota, harusnya tersebar di beberapa Kecamatan yang jauh dari Kota," ujarnya. (NOOR ANNISA/J)

Berita Terbaru