Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru PAI di Kapuas Diharapkan Jadi Pelopor Moderasi Beragama

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Agustus 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas melalui Seksi Pendidikan Agama Islam turut ikut serta dalam pertemuan Kelompok Kerja Guru (KKG) Penddidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Selat.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Aswan, Korwil Kecamatan Selat Mas Munthoha, Pengawas PAI Kecamatan Selat H. Tajudin dan Plh Kasi Pendikan Agama Islam Kemenag Kapuas, Samsir.

Samsir mengharapkan Guru PAI bisa menjadi pelopor moderasi beragama, Guru PAI adalah agen perubahan yang menjadi role model memegang peran yang sangat strategis bagi peserta didik, guru PAI adalah penjaga- penjaga moral Bangsa Indonesia, dilingkungan kecil keluarga, di lingkungan masyarakat dan di lingkungan dunia pendidikan.

“Guru PAI harus mampu melakukan inovasi – inovasi menumbuhkan karakter pembiasaan – pembiasaan dan memiliki komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan, dan penghargaan terhadap budaya lokal," katanya, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Sehingga, lanjut dia dalam melahirkan generasi-generasi yang hebat melalui pembentukan karakter, termasuk di dalamnya adalah bagaimana menanamkan sikap moderasi beragama.

Sebelumnya, Kepala Disdik Kapuas, Aswan menyampaikan bahwa Guru PAI diharapkan bisa memberikan pendidikan yang membentuk karakter siswa yang cerdas dan taat agama, memiliki kecerdasan spiritual dan emosional sebagaimana bentuk implementasi profil pancasila.

“Guru agama merupakan pengajar yang bersentuhan langsung dengan siswa, mengetahui karakter siswa baik itu tingkah laku dan sikap siswa, karenanya pembentukan karakter siswa sangatlah penting," ucapnya.

Tetap semangat, jaga kekompakkan dan kebersamaan bersama-sama kita tingkatkan kualitas Pendidikan di Kabupaten Kapuas, kita cetak generasi siswa yang berkarakter cerdas dan taat agama. (DODI RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru