Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dalam Sehari, Tim TRC BPBD Kobar Padamkan Kebakaran Lahan di Dua Titik Lokasi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Agustus 2023 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat (Kobar), dalam sehari menerima dua laporan kebakaran lahan di wilayah Kobar, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Adapun dua titik lokasi yang terjadi kebakaran lahan terletak di Gang Jati, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan dan di Desa Sungai Tendang, Kecamatan Kumai.

Mencegah dampak yang lebih luas, Tim TRC BPBD bergerak cepat menuju lokasi kebakaran lahan  dengan melakukan upaya pemadaman sampai dengan proses pendinginan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Martogi Siallagan mengatakan, lahan terbakar vegetasinya adalah semak belukar dan tidak terawat.

"Dari dua lokasi itu, jenis tanahnya adalah lahan gambut tipis," ujarnya.

Martogi menyebutkan, penyebab kebakaran lahan kosong tersebut adanya pembukaan atau pembersihan lahan oleh masyarakat dekat areal pemukiman.

"Luasan lahan terbakar untuk di Kelurahan Baru yaitu 50 X 100 M², dan untuk di Sugai Tendang, 0,25 Ha," ungkapnya.

Proses pemadaman yang dibantu oleh relawan kebakaran berjalan lancar. Dan api telah berhasil dipadamkan hingga dilakukan pendinginan.

Kondisi cuaca yang tidak menentu yang terjadi saat ini, diharapkan warga dapat memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dengan tidak melakukan aktifitas pembakaran lahan, dan apabila terjadinya kebakaran lahan dapat segera melaporkan ke tim TRC BPBD Kobar. (DANANG/J)

Berita Terbaru