Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng: Sadar Hukum Modal Hadapi Tantangan Menuju Era 5.0

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Agustus 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin mengingatkan pentingnya sadar hukum dalam menghadapi tantangan global.

“Meningkatkan kesadaran hukum masyarakat sebagai modal besar bagi Pemerintah dalam menghadapi tantangan global, terutama di era 4.0 menuju 5.0," ungkapnya saat mewakili Gubernur Kalteng dalam Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum Wilayah Kalteng di Ballroom Swiss Belhotel Danum Palangka Raya, Senin malam, 7 Agustus 2023.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng hingga saat ini terus membangun kerja sama dan bersinergi dengan Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Kantor Wilayah Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Nuryakin menerima piagam penghargaan Anubhama Sasana Desa atau Kelurahan yang diberikan kepada Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Gubernur dinilai telah membina dan mengembangkan Desa-Desa/Kelurahan-Kelurahan Binaan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalteng tahun 2023 sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Seperti dikutip dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Desa/Kelurahan Sadar Hukum (DKSH) adalah desa atau kelurahan yang telah dibina atau karena swakarsa dan swadaya, memenuhi kriteria sebagai desa sadar hukum dan kelurahan sadar hukum.

Dalam prosesnya, DKSH harus diawali dengan adanya Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum). Sebuah wadah yang berfungsi menghimpun warga yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum.

Kelompok Kadarkum kemudian dibina oleh Pembina Kadarkum Tingkat Pusat dan Pembina Kadarkum Tingkat Daerah. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru