Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dukung Tindak Lanjut Wacana Pembangunan JKA di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Agustus 2023 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Purman Jaya menyatakan dukungannya dan menyambut baik adanya upaya tindak lanjut dari Pemprov Kalteng yang akan kembali membahas wacana pembangunan Jalur Kereta Api (JKA) di Kalteng.

"Pastinya kita menyambut baik adanya upaya tindak lanjut dari pemprov terkait wacana pembangunan JKA ini, karena memang wacana tersebut sudah lama dan sampai sekarang belum juga terealisasi," ucapnya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Lanjutnya, keberadaan JKA pastinya akan dapat memberikan banyak manfaat bagi Kalteng secara umum terutama untuk mempermudah dalam hal pengangkutan atau distribusi sumber daya alam (SDA) yang ada di Bumi Tambun Bungai ini.

Dirinya mengatakan, dengan adanya JKA di wilayah Kalteng, nantinya akan bisa mengurangi penggunaan jalan umum oleh angkutan bermuatan besar. Sehingga bisa meminimalisasi risiko kerusakan jalan umum akibat kendaraan kelebihan muatan yang selama ini menjadi masalah yang belum terselesaikan.

"Maka dari itu kami sangat berharap, agar wacana pembangunan JKA yang hampir terlupakan ini bisa kembali dibahas dan direalisasikan oleh pemda bersama dengan pemangku kepentingan lainnya, mengingat manfaatnya yang besar bagi daerah," ujarnya.

Ia pun tidak menampik bahwa pembangunan JKA di Kalteng memerlukan kajian yang mendalam, baik soal alokasi anggaran maupun soal pelepasan atau ganti untung lahan masyarakat yang akan digunakan sebagai tempat atau lokasi pembangunan JKA nantinya.

"Soal ganti untung lahan masyarakat sebenarnya tidak menjadi kendala berat asalkan ada sosialisasi, komunikasi dan kompensasi yang memadai. Meski begitu, kami harap wacana ini bisa segera ditindak lanjuti, semakin cepat semakin baik, dan dilakukan dengan serius oleh pemda," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru