Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hingga Agustus 2023, Ada 6 Kasus Gigitan Rabies di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Agustus 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hingga bulan Agustus 2023 tercatat ada 6 kasus gigitan positif rabies di Kota Palangka Raya. Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono dalam pertemuan rutin vaksinator di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya pada Selasa, 8 Agustus 2023.

"Sampai Agustus ini ada 6 kasus gigitan rabies, satu di antaranya adalah kasus tanggal 30 Desember 2022 sehingga laporannya masuk di tahun ini. Sehingga memang kejadian gigitan yang terjadi di tahun ini ada 5 kasus gigitan positif rabies," kata Eko dalam pertemuan yang dihadiri vaksinator rabies tersebut.

Eko menjelaskan bahwa dalam lima kasus ini, dua di antaranya merupakan kasus gigitan oleh Hewan Penular Rabies atau HPR Kucing, sementara tiga lainnya gigitan HPR Anjing.

"Melihat data ini bisa kita simpulkan bahwa kasus rabies pada kucing di Palangka Raya meningkat drastis dari tahun-tahun sebelumnya," tutur Eko.

Menyikapi hal tersebut menurut Eko pihaknya meminta kepada vaksinator untuk tidak abai terhadap keberadaan kucing peliharaan masyarakat.

"Kalau sebelumnya kita fokus vaksin rabies pada anjing, melihat tahun ini ada dua kasus rabies pada kucing maka vaksinasi untuk hewan peliharaan kucing juga kami minta jangan abai, lebih diperhatikan lagi untuk vaksinasi kucing," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/J)


TAGS:

Berita Terbaru