Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Sebut Pembangunan JKA di Kalteng Akan Memberikan Banyak Dampak Positif

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Agustus 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Purman Jaya menyebut pembangunan Jalur Kereta Api (JKA) di Kalteng akan dapat memberikan banyak dampak positif bagi daerah maupun masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung langkah atau upaya Pemprov Kalteng kembali membahas terkait pembangunan JKA di provinsi ini, dan diharapkan kedepan bisa terealisasi sehingga dampak positif dari adanya JKA tersebut dapat dirasakan.

"Kalau tidak sekarang kapan lagi, karena Kalteng juga harus maju dari segi pembangunan, JKA merupakan harapan semenjak lama. Adanya upaya pembahasan kembali kami nilai sangat baik, karena memang daerah dan masyarakat akan merasakan dampak positif dari adanya JKA di Kalteng nantinya," ucapnya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Ia mengungkapkan, adapun dampak positif yang akan dirasakan dari adanya JKA ini nantinya yakni mobilitas barang dan jasa akan berjalan dengan lancar. Untuk masyarakat yang hendak bepergian antar daerah akan lebih cepat dan murah, serta dapat meminimalisir kerusakan jalan akibat kendaraan angkutan over kapasitas.

"JKA akan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal baik distribusi barang dan jasa maupun mengangkut hasil SDA. Dengan begitu kerusakan jalan pun bisa diminimalisir, karena selama ini kerap kali kendaraan angkutan over kapasitas utamanya yang mengangkut hasil SDA melintasi jalan umum sehingga membuat jalan cepat rusak," ujarnya.

Selain itu, dirinya berharap dalam rencana pembangunan JKA ini juga pemerintah pusat melalui kementerian terkait agar bisa terlibat, sehingga nantinya pembangunan JKA tidak hanya seputar Kalteng saja, akan tetapi bisa secara luas hingga Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kalteng ini nantinya otomatis sebagai salah satu daerah penyangga IKN di pulau Kalimantan. Jadi apabila jalur JKA itu tembus sampai IKN maka dapat mempermudah distribusi hasil SDA Kalteng ke Kaltim baik itu pertanian, perikanan, maupun peternakan hingga perkebunan hortikultura," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru