Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Ajak Pemuda Gunung Mas Turut Kembangkan Implementasi Nilai Pancasila

  • Oleh Riska Yulyana
  • 14 Agustus 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong ajak generasi muda setempat turut mengembangkan implementasi nilai pancasila.

Hal tersebut Jaya ungkapkan saat menjadi pembina upacara dalam Apel Kebangsaan di SMAN 1 Kurun, Senin, 14 Agustus 2023.

"Tepat kiranya, apabila generasi muda turut memikirkan dan mengembangkan implementasi nilai-nilai Pancasila, seperti halnya yang diagendakan pada hari ini," ujar Jaya, Senin, 14 Agustus 2023.

Dia melanjutkan, jika mengambil perspektif pemikiran generasi milenial, Pancasila pasti akan dilihat dari nilai guna dan manfaatnya bagi kehidupan. Bagi mereka, aktualisasi Pancasila jelas membutuhkan cara-cara dan metode berbeda dari model yang dilakukan sekarang.

"Secara lini waktu, generasi milenial inilah, yang akan menduduki posisi kepemimpinan pada saat Indonesia emas di tahun 2045 nanti, sekaligus menjadi pilar kebangkitan bangsa seiring bonus demografi yahun 2030," paparnya.

Bertolak dari hal tersebut, Jaya menjelaskan bangsa ini memang harus mengkreasi pendekatan baru, agar Pancasila secara nalar bisa diterima, dan secara sadar menjadi living ideology yang artinya, Pancasila merupakan ideologi yang hidup dalam setiap tekad, sikap, perilaku, dan tindakan seluruh warga negara Indonesia.

"Sehingga menjadi tugas bangsa ini- khususnya generasi muda, menuju generasi yang cerdas dan mau menerima perubahan harus diterapkan sejak dini menuju impian Indonesia menjadi generasi emas 2045," tukas Jaya. (RISKA YULYANA/H)

Berita Terbaru