Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD ini Minta Pemda Kelola SDA Kalteng Dengan Optimal

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Agustus 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon meminta pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat mengelola sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kalteng dengan optimal.

Dalam upaya mengelola SDA agar optimal, banyak program yang dapat dicanangkan oleh pemda. Ia meyakini apabila SDA Kalteng dikelola dengan optimal maka akan dapat memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat.

"Banyak program yang bisa dicanangkan baik itu membangun industri skala besar maupun mendukung usaha masyarakat pada bidang industri, tentu dampaknya sangat besar bagi daerah jika itu dioptimalkan," ucapnya, Senin, 14 Agustus 2023.

Menurutnya, SDA Kalteng sangat melimpah, dan sangat disayangkan apabila tidak dikelola secara optimal. Jangan sampai SDA Kalteng banyak dinikmati orang-orang luar saja, sehingga tidak memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat di provinsi ini.

"Saya rasa industri menjadi salah satu yang paling tepat untuk mengelola SDA ini. Di Kalteng belum ada industri skala besar yang khusus mengelola SDA utama milik pemda. Harapan kita ini bisa menjadi perhataian," ujarnya.

Ia mencontohkan, seperti halnya industri atau pabrik pengolah pakan ternak, ini bisa menjadi salah satu yang dapat dibangun di Kalteng. Mengingat Kalteng sendiri kaya bahan baku untuk pengolah pakan ternak baik itu untuk ayam maupun ikan.

"Ditambah lagi lahan di Kalteng ini masih luas, bisa dipilih dibangun di daerah mana saja. Pemda bisa memanfaatkan perusda merealisasi itu, tujuannya yakni agar kita tidak selalu bergantung dengan provinsi lain dan dari segi harga pun bisa murah," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru