Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Apresiasi Peran Kaum Perempuan Dalam Menumbuhkan UMKM

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Agustus 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng Yohannes Freddy Ering mengapresiasi peran kaum perempuan khususnya yang ada di Kalteng dalam rangka menumbuhkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kita bisa melihat, kebanyakan pelaku UMKM itu merupakan perempuan bahkan mendominasi. Peran perempuan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan UMKM khususnya di Kalteng ini dan kita patut apresiasi itu," katanya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Ia menuturkan, seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat kaum perempuan memiliki kesadaran tinggi tidak hanya terpaku menjadi ibu rumah tangga saja, namun juga berperan dalam membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Perkembangan UMKM tidak lepas dari peran kaum perempuan, sehingga diharapkan kaum perempuan baik tua maupun muda bisa terus menjalankan usaha, berkarya serta berinovasi, sehingga hal itu bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Adanya perkembangan usaha juga tidak hanya berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi tapi juga berperan dalam membuka lapangan kerja. Hal ini patut didukung dan mendapat dukungan dari pemerintah, kita mendorong akan hal itu," ujarnya.

Peran serta pemerintah dalam mendukung perkembangan UMKM sangat diharapkan melalui berbagai program baik permodalan, penyediaan sarana dan prasarana, pelatihan hingga pendampingan. Sehingga, UMKM yang ada di Kalteng ini dapat terus maju dan berkembang.

"Harus kita akui bahwa perkembangan UMKM ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah serta membuka lapangan kerja. Maka dari itu pemerintah harus dapat memberikan dukungan penuh rangka untuk mengembangkan atau memajukan UMKM di Kalteng," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru