Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Tenglie Bakal Mendaki Bukit Bulan dalam Ekspedisi 2016

  • 08 April 2016 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Ahmad Yantenglie bakal mendaki Bukit Bulan di Desa Tumbang Bulan. Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan pada Ekspedisi 2016.

"Ekspedisi ini sebelumnya memang sudah terjadwal. Dan untuk tahun 2016 kegiatan ekspedisi itu mendaki Bukit Bulan di Kecamatan Mendawai yang nantinya akan dipimpin langsung Pak Bupati," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Katingan Mido S Mahar, Jumat (8/4).

Sebelumnya dua tahun berturut-turut, sebut Mido, ekspedisi mendaki Bukit Raya di wilayah Kecamatan Bukit Raya, berlangsung pada 2014 dan 2015.

Mido mengatakan, rencanannya ekspedisi ke Bukit Bulan ini berlangsung akhir Mei 2016. "Kalau rencana awal akhir Mei. Tetapi nanti kita akan minta petunjuk dulu ke Bupati, apakah dilaksanakan sebelum puasa, atau setelah Hari Raya Idul Fitri," sebut Mido.

Bukit Bulan ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut. Terletak di kawasan Taman Nasional Sebangau yang wilayahnya berbatasan dengan Palangkaraya dan Pulang Pisau.

Berdasarkan hasil survei ke lokasi, kata Mido, pemandangan alam di Bukit Bulan ini cukup menawan.

"Dalam perjalanan menuju Bukit Bulan itu, sepanjang sungai yang kita lewati airnya masih alami berwarna seperti teh, banyak juga tumbuhan rasau. Kemudian pemandangan tepi sungai juga sangat indah, masih banyak hutan yang ditumbuhi kayu blangiran," katanya.

Sementara di atas bukit banyak sekali ditemui jenis anggrek, dan juga satwa seperti berbagai macam burung.

"Selain ke Bukit Bulan ini rencananya juga melakukan pendakian di Bukit Ulin yang lokasinya berdampingan dengan Bukit Bulan," katanya.

Kenapa diberi nama Bukit Ulin ini, imbuh Mido  karena di bukit tersebut banyak sekali ditumbuhi kayu ulin yang dilindungi oleh negara. Kayu ulin ini cukup kuat dan tahan lama untuk berbagai macam konstruksi bangunan seperti rumah.

"Yang jelas lokasi yang bakal menjadi tujuan ekspedisi di wilayah hilir itu tempatnya eksotik," imbuh Miho S Mahar. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru