Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Tangani Kekeringan di Desa Murung Paken

  • Oleh Uriutu
  • 16 Agustus 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pemkab Barito Selatan tangani kekeringan akibat fenomena el nino yang terjadi di Desa Murung Paken, Kecamatan Dusun Selatan.

“Setelah mendapatkan informasi, kami dari tim BPBD langsung turun ke lapangan membantu masyarakat di Desa Murung Paken,” kata Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan, Rabu, 16 Agustus 2023.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah membangun tempat penampungan air sementara serta juga mesin untuk menyedot air dari sungai untuk keperluan masyarakat desa.

Sementara Sekda Barsel Edy Purwanto menambahkan, terkait kekeringan yang terjadi di desa tersebut berdasarkan informasi dari Camat Dusun Selatan.

“Sumur warga dan sungai yang ada di Desa Murung Paken saat ini sudah kering,” uap dia.

Ia menyampaikan adapun langkah yang telah dilakukan sebagai antisipasi sementara untuk keperluan mandi, cuci dan kakus bagi masyarakat.

Pihaknya juga, lanjut dia, telah menyediakan tempat penampungan air yang sumbernya dari sungai Barito.

Menurutnya pemkab melalui BPBD saat ini sedang membangun tempat penampungan air bersih untuk konsumsi bagi masyarakat di desa Murung Paken.

“Menuju Desa Murung Paken ini akses transportasi jalan daratnya sulit, meski demikian kita akan berupaya mendistribusikan air bersih kepada masyarakat menggunakan kendaraan roda dua,” beber dia.

Ia menambahkan pihaknya juga telah melaksanakan rapat koordinasi dengan semua camat untuk meminta informasi terkini apakah desa yang lain juga mengalami hal serupa atau tidak.

“Kalau memang ada desa lainnya yang mengalami kekeringan, maka kita akan segera turun ke lapangan untuk membantu meringankan beban masyarakat,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/H)

Berita Terbaru