Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masuk Puncak El Nino, Kalteng Harus Semakin Waspada Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Agustus 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo mengingatkan peningkatan kewaspadaan terhadap kebakaran saat cuaca puncak El Nino.

“Kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus benar-benar kita tingkatkan,” ungkap Edy saat memimpin apel peringatan HUT Kalteng di halaman kantor gubernur Kalteng, Kamis, 17 Agustus 2023.

Ia mengatakan berdasarkan perkiraan BMKG musim kemarau tahun ini lebih panjang dan kering akibat Fenomena El Nino, dan puncaknya akan terjadi pada bulan Agustus dan September.

Dijelaskannya dalam periode 2 bulan terakhir, jumlah hotspot dan kejadian karhutla yang terjadi cenderung meningkat.

Berdasarkan data Posko Karhutla Provinsi Kalimantan Tengah, pada bulan Juli 2023 terdeteksi 722 hotspot, 333 kejadian karhutla, dan 1.311 hektar luas lahan terbakar.

Sementara itu, untuk bulan Agustus hingga saat ini, sudah tercatat ada 1.838 hotspot, 372 kejadian karhutla, dan 803,59 hektare lahan terbakar.

“Oleh karena itu, kita tidak boleh main-main. Semua pihak, baik Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Forkopimda, instansi terkait, maupun elemen masyarakat harus bersatu padu dalam penanggulangan Karhutla di Kalteng,” ungkapnya.

Ia mengingatkan sinergi Satgas Karhutla Provinsi dan Kabupaten/Kota harus diperkuat, serta personel, sarana prasarana, dan sumber daya lain harus disiap siagakan.

“Sehingga kita bersama dapat mewujudkan Kalimantan Tengah Bebas Kabut Asap,” tegasnya. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru