Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Sampaikan Hasil Reses Perorangan Masa Sidang III

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Agustus 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPRD Barito Timur menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil kunjungan kerja dalam daerah atau reses perorangan masa sidang III, Jumat, 18 Agustus 2023.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Ariantho S Muler dan dihadiri Ketua DPRD Nursulistio, Wakil Ketua II DPRD Depe, para anggota DPRD, Sekretaris DPRD, Asisten I Sekda, Kapolsek Dusun Timur mewakili Kapolres Barito Timur, para kepala perangkat daerah dan staf ahli DPRD.

Dalam penyampaian laporan hasil reses perorangan dibagi dalam masing-masing daerah pemilihan. Laporan hasil reses daerah pemilihan I dibacakan juru bicara Munita Mustika Dewi, daerah pemilihan II dibacakan oleh Raran dan daerah pemilihan III dibacakan oleh juru bicara H Ahmadi.

Saat diwawancarai usai rapat paripurna, Wakil Ketua I DPRD mengatakan laporan hasil reses perorangan dari tiga daerah pemilihan pada umumnya masih dinominasi usulan terkait infrastruktur.

"Kemudian juga bidang pertanian dan perkebunan secara khususnya harga karet. Walaupun harga karet ini masalah global tapi paling tidak harapan masyarakat dari hasil reses ini ada upaya dari pemerintah daerah untuk peningkatan harga karet," lanjutnya.

Selain itu terdapat usulan tentang kenaikan penghasilan anggota Badan Permusyawaratan Desa atau BPD. Terkait itu, Ariantho mengatakan jika regulasi mengizinkan dan kemampuan keuangan pemerintah daerah mencukupi maka DPRD akan menyetujui untuk dianggarkan.

Meski sudah memasuki triwulan ketiga, dia berharap usulan-usulan tersebut masih ada yang bisa diakomodir atau direalisasikan pada tahun 2023.

"Harapan kami ada (usulan yang bisa direalisasikan pada 2023), tentunya bukan yang berbentuk fisik karena mengingat batas waktu yang sudah mendekati akhir tahun kalau yang berbentuk fisik tidak mungkin. Tapi hal-hal seperti bantuan bibit dan pengadaan lain yang sifatnya menyentuh kehidupan masyarakat bisa dilakukan di perubahan anggaran," ujar Ariantho.

Menurutnya, setelah laporan hasil reses perorangan disampaikan oleh masing-masing daerah pemilihan, maka DPRD akan menyampaikan kepada pemerintah daerah untuk untuk direkapitulasi dan menjadi pokok-pokok pikiran DPRD yang akan dipertimbangkan pada APBD perubahan maupun APBD murni 2024.

"Harapan kami hasil reses perangan ini bisa maksimal, sebagian juga sudah diusulkan lewat musrenbang desa dan kecamatan sehingga  kami rasa sangat nyambung antara hasil reses ini dan hasil musrenbang sehingga nanti tim eksekutif dan legislatif bisa melihat mana yang menjadi prioritas. Harapan kami yang prioritas bisa terakomodir secara maksimal," pungkasnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru