Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemendes PDTT Sediakan Data Desa Tingkatkan Kualitas SDM

  • Oleh ANTARA
  • 19 Agustus 2023 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan kementeriannya telah menyediakan data desa secara rinci guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Pada saat ini sistem informasi desa, yakni sid.kemendesa.go.id bisa diakses seluruh rakyat Indonesia. Di dalamnya dapat diketahui piramida penduduk masing-masing desa," ujar Mendes PDTT di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, melalui data yang disediakan itu pemerintah desa dapat memetakan permasalahan, kemudian memusyawarahkan untuk menangani permasalahan SDM, seperti pendidikan dan kesehatan.

"Dalam sistem informasi desa, dapat diketahui detil by name by address keluarga yang sulit mengakses fasilitas pendidikan dan kesehatan, sehingga memudahkan penentuan lokasi pembangunan PAUD, posyandu, poskesdes, dan polindes," katanya.

Dalam sistem informasi desa itu, lanjut dia, juga terdapat data anak tidak sekolah by name by address sehingga dapat memudahkan untuk menentukan calon penerima beasiswa sejak sekolah dasar sampai pendidikan tinggi.

"Data by name by address warga yang sakit menahun, serta anak stunting juga tersedia yang dapat memudahkan penentuan pemanfaat kegiatan kesehatan," kata Gus Halim, demikian ia biasa disapa.


Dalam rangka lebih meningkatkan kualitas SDM, Gus Halim menambahkan bahwa setiap desa juga memiliki pendamping desa yang dapat melatih warga desa maupun menghubungkan desa dengan lembaga dari luar desa yang berkompeten untuk meningkatkan keterampilan.

"Bahkan, desa juga dihubungkan dengan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam berproduksi," tuturnya.

Selain itu, kata dia, pelatihan secara elektronik beserta peralatan telematika dalam program desa cerdas juga disediakan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan warga desa.

Ia berharap dana desa yang setiap tahunnya dialokasikan ke desa dapat mewujudkan bonus demografi yang berkualitas.

"Prioritas dana desa juga diarahkan untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pembiayaan operasional posyandu, poskesdes, polindes, PAUD hingga kegiatan pelatihan keterampilan, Kejar Paket A,B,C, hingga pendidikan perpustakaan desa," ujarnya.

ANTARA

Berita Terbaru