Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Baamang Bawa Kesenian Batirik saat Pawai Pembangunan HUT ke-78 RI di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 20 Agustus 2023 - 04:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kecamatan Baamang bawa kesenian Batirik saat pawai pembangunan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Kesenian Batirik merupakan perwujudan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah yang diberikan Sehingga dalam bercocok tanam padi telah memasuki panen atau memetik hasil," kata Camat Baamang Sufiansyah, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Dia memimpin barisan regu Kecamatan Baamang dalam pawai pembangunan. Ia pun menyerahkan cinderamata kepada Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati.

Kesenian batirik adalah rangkaian acara tari yang dimulai dengan doa bersama kemudian dilanjutkan dengan menirik padi diiringi dengan lagu-lagu khas budaya Sampit. Seraya menari sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan. 

"Budaya ini merupakan kearifan lokal masyarakat Sampit. Kenapa mengangkat budaya ini, karena kesenian batirik hampir punah," ujar Sufiansyah. 

Ia yakit Bupati Kotawaringin Timur akan mendukung kesenian batirik ciri khas budaya Sampit untuk tetap eksis, memajukan budaya Sampit. Lanjut melaju untuk Sampit. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru