Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantapkan Konsep Merdeka Belajar

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 20 Agustus 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Adriani menyampaikan bahwa pihaknya kini tengah memantapkan konsep merdeka belajar pada satuan pendidikan.

“Sebagai bentuk pemantapan konsep dalam penerapan kurikulum baru ini telah dilakukan persiapan. Guna dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki daya saing dan mampu bertahan serta berkompetisi ditengah berbagai tantangan zaman,” katanya.

Demikian, terang dia, bahwa penerapan tersebut bukan sekedar gaya–gayaan sekolah atau pencitraan Dinas Pendidikan. Melainkan, berdasarkan inisiatif dan hasil refleksi sekolah.

Yang bertujuan agar dalam penerapanya tumbuh secara mandiri dan tidak dipaksakan sehingga dalam penerapan dan pelaksanaanya kurikulum tersebut dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki daya saing.

Adapun untuk mementapkan persiapan menghadapi siklus perubahan kurikulum yang mengarah kepada merdeka belajar, menyasar pada satuan pendidikan atau sekolah di Kabupaten Pulpis.

“Jadi, saat ini kita terus mengodok Peraturan Bupati (Perbup). Yang mana pada akhir tahun 2023 Kabupaten Pulpis sudah siap sebagai sekolah eklusif,” bebernya kepada awak media.

Adriani menambahkan, guna memantapkan hal tersebut pemerintah juga terus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berdasarkan target 70 orang, yang saat ini tercatat sebanyak 369 guru pengerak dan guru berbagi. (Ahm)

Berita Terbaru