Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Hotspot Terpantau di Wilayah Kabupaten Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Agustus 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar), dalam sepekan terakhir, sebanyak 128 hotspot terpantau melalui citra setelit.

Menanggapi kondisi itu, Komandan Kodim (Dandim) 1017/Lamandau, Letkol Arm. Ari Sugiharto mengaku, pihaknya selalu merespon cepat perkembangan di lapangan, sehingga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah setempat masih bisa dikendalikan.

“Dalam sepekan ini cukup banyak hotspot bermunculan, anggota selalu patroli rutin dengan bekerjasama bersama instansi terkait dalam pemadaman api tersebut,” ungkap Dandim saat dikonfirmasi pada Senin, 21 Agustus 2023.

Dari jumlah 128 titik itu, terang Dandim tersebar pada tiga kecamatan, seperti di Kecamatan Belantikan Raya, Kecamatan Lamandau, dan Kecamatan Delang. Meski demikian, tidak semua yang terpantau sebagai hotspot terjadi kebakaran.

“Ada yang terdeteksi dari suatu lokasi dengan suhu relatif tinggi, ternyata atap seng dari sebuah gedung lapangan futsal. Ada juga yang berasal dari pembakaran sampah oleh warga,” bebernya.

Untuk itu, Dandim mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, maupun tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan. Begitu juga untuk menghindari membakar sampah.

Apalagi saat ini, lanjut dia, merupakan musim kemarau yang menyebabkan banyak daun dan ranting mengering, sehingga kondisi seperti saat ini sangat rawan terjadi karhutla walau ada sedikit pemicu saja. Untuk itu, Ia telah mengintruksikan jajarannya terus memantau munculnya hotspot.

“Kemunculan hotspot sangat tidak terduga, kebanyakan titik hotspot berapa di tengah hutan dan ditebing bukit,” terangnya.

Data hotspot dari satelit menunjukkan lokasi terjadinya suhu panas untuk keseluruhan wilayah di Kabupaten Lamandau. Tingkat akurasi titik hotspot dari satelit sangat tinggi, data tersebut diinput dari satelit, bukan diinput manual dari kejadian kebakaran langsung. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru