Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Taman Nasional Sebangau Berusia 40 Tahun Dinyatakan Hamil

  • Oleh Pathur Rahman
  • 23 Agustus 2023 - 15:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Koordinator orangutan BNF Indonesia Abdul Azis menyampaikan bahwa ada kecurigaan dengan perilaku salah satu individu yang sudah diamatinya belasan tahun di Taman Nasional Sebangau.

Setelah empat jam berjalan mengikuti pergerakan Gracia, kecurigaan Azis pun semakin menjadi-jadi. Tiba-tiba Gracia perlahan pergi berbalik arah seperti menghindar dari suara panggilan orangutan jantan.

“Aku curiga Gracia hamil lagi, semakin berperilaku seperti induk betina yang sedang hamil. Besok kita coba untuk tes kehamilan dari urinnya,” kata Azis saat dikonfirmasi Rabu, 23 Agustus 2023

Keesokannya mereka menunggu Gracia untuk buang air kecil demi mendapatkan setetes air seninya yang mungkin tertinggal di dedaunan kering untuk diambil sampelnya. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya hasil dari test pack menemukan sedikit harapan.

“Hasilnya dua garis tapi yang satu agak samar, bulan depan kita bisa lakukan cek kehamilan lagi untuk memastikan itu,” ujarnya Azis kepada tim. 

Azis menjelaskan bahwa jika Gracia hamil maka ini adalah kehamilan yang keempat sejak tahun 2003, ketika dr. Hellen Morrogh-Bernard pertama kali menelitinya. Sedangkan bagi Azis selama mengamati Gracia, ini adalah kehamilan kedua yang dia saksikan dan ikuti perkembangannya secara langsung.

“Saya sangat senang dan terharu bisa mengamati dan melihat perkembangannya secara langsung. Ini adalah anak keempatnya setelah Georgia, Gretel dan Gara yang berarti ada generasi penerus dari spesies payung dari Indonesia ini,” pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru