Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Kahingai Menjadi Sentra Pengembangan Kopi Robusta

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Agustus 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Setelah melihat langsung hasil panen kopi robusta di Desa Kahingai, Kecamatan Belantikan Raya, Bupati Lamandau Hendra Lesmana berencana untuk mengembangkan sekaligus menjadikan wilayah tersebut sebagai sentra kopi robusta di Kabupaten Lamandau.

“Kopi robusta dari Desa Kahingai memiliki kualitas cukup bagus, tidak kalah dengan daerah lain yang lebih dulu mengembangkannya,” beber Bupati Hendra di Nanga Bulik, Kamis, 24 Agustus 2023.

Dijelaskan Bupati, panen perdana kopi robusta di Desa Kahingai guna memastikan perkembangan program perluasan tanaman kopi robusta di daerah setempat. Program itu merupakan hasil kesepakatan bersama antara Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, Pemerintah Kabupaten Lamandau, dan PT Sulotco Jaya Abadi.

“Sudah mulai berproduksi, semoga kedepan dapat menghasilkan serta berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani,” ucap Bupati.

Bupati berharap, pada tahun 2025-2026 kopi robusta yang diproduksi di Kabupaten Lamandau bisa dikenal, khususnya oleh para wisatawan yang datang ke daerah setempat. Ia juga berharap produksi kopi skala rumah tangga itu menjadi salah satu pioner atau produk unggulan daerah.

“Melihat hasil panennya, kita mulai berani untuk mencanangkan komoditi kopi ini agar menjadi primadona di Kabupaten Lamandau, karena kita sudah liat hasilnya,” ujar Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada para Petani agar Kebun kopi tersebut suatu saat nanti tidak dialihfungsikan ke komoditi lainnya, sehingga mengganggu tujuan utama yaitu mengangkat penghasilan dan derajat ekonomi Masyarakat dari aspek budidaya kopi.

“Kita harus sama-sama berkomitmen untuk menjadikan Desa Kahingai sebagai salah satu sentra pengembangan kopi robusta,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru