Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Masih Berjibaku Padamkan Dua Titik Karhutla di Bartim

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Agustus 2023 - 16:29 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dua kasus kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla kembali terjadi di Kabupaten Barito Timur, Kamis, 24 Agustus 2023. Kebakaran kali ini terletak di Desa Harara dan Desa Pulau Patai.

Di Desa Harara dalam waktu singkat kebakaran lahan bisa dipadamkan sehingga hanya menghanguskan sekitar satu hektare lahan. Namun di Desa Pulau Patai kebakaran yang muncul dari pukul 13.30 WIB hingga berita ini diturunkan 16.00 WIB belum berhasil dikendalikan karena api yang cepat menyebar dan akses untuk memutus penyebaran api yang sulit.

Meski demikian tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD Damkar, Relawan Matabu Jaya dan Sulung Rescue terus berupaya melakukan pemadaman dan mencegah api menyeberangi jalan.

Tampak di lokasi Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela, Danramil 1012-04 Tamiang Layang Kapten Inf Maswatu terlibat langsung dalam penanganan karhutla.

Kapolres yang sempat dimintai keterangan di sela pemadam api mengakui kesulitan yang dihadapi tim gabungan dalam memadamkan api.

"Aksesnya sulit dan penyebaran api cepat karena udara panas serta semak yang kering," ungkapnya.

Meski belum mengetahui persis penyebab kebakaran, namun Viddy mengimbau masyarakat agar tidak sembarang membakar lahan mengingat kemarau panjang yang dialami Barito Timur saat ini dapat menyebabkan kebakaran cepat menyebar dan membesar.

"Kondisi cuaca yang panas ini juga dapat memicu munculnya titik api dari gesekan ranting-ranting kering," tambahnya.

Saat berita ini diturunkan, Kapolres Barito Timur masih terus memimpin langsung proses pemadaman kebakaran. Lahan yang terbakar diperkirakan sudah mencapai 10 hektare. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru