Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertahankan Kearifan Lokal, Pemkab Kobar akan Menata Permukiman Bantaran Sungai Arut

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Agustus 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat akan menata pemukiman penduduk yang ada di bantaran sungai Arut, yang penataannya tetap mengutamakan kearifan lokal, hal itu keunikan untuk menarik perhatian wisatawan.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi usai menghadiri Rapat Paripurna Ke 14 masa sidang II tahun sidang 2023.

Dalam rapat tersebut, disepakati tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda), salah satunya tentang pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh.

"Kami akan menata pemukiman di sepanjang bantaran sungai Arut, yang sebenarnya bukan kumuh hanya belum tertata saja, dengan ada Perda pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap Perumahan kumuh dan permukiman kumuh, kita punya kekuatan hukum untuk menata kembali kawasan di bantaran sungai Arut, " kata Pj Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi, saat dikonfirmasi belum lama ini.

Bahkan lanjutnya, beberapa waktu dirinya bersama OPD terkait meninjau langsung ke pemukiman di bantaran sungai, yang sangat memprihatinkan kondisi jembatan sepanjang bantaran sungai itu sudah banyak yang rusak, dan masyarakat melintas menggunakan jembatan itu, sehingga ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah. 

"Saya sudah tegaskan ke OPD terkait untuk segera perbaiki jalan/jembatan  yang terbuat dari kayu ulin di sepanjang bantaran sungai, Karena kondisinya sudah berlubang dan membahayakan bagi masyarakat, jangan sampai ada korban baru kita bergerak, pemerintah daerah Kobar harus menyediakan apa yang di butuhkan masyarakat, " Ujar Budi Santosa. 

Menurut Budi Santosa, dalam penataan pemukiman penduduk di bantaran sungai Arut harus mengedepankan kearifan lokal, sebab halan disepanjang bantaran sungai Arut yang terbuat dari bahan kayu ulin, sangat unik dan memilki nilai estetika yang sangat tinggi. 

"Penataan pemukiman penduduk di bantaran sungai Arut ini sebagai dukungan di kawasan tersebut menjadi destinasi wisata, dengan adanya water front city itu maka harus di imbangi kawasan pemukiman yang baik, dan kami sangat bersyukur usulan Ranperda tentang pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap Perumahan kumuh dan permukiman kumuh mendapatkan dukungan dari DPRD Kobar," imbuhnya. (DANANG/J)

Berita Terbaru