Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perjalanan Panjang Sosok Monica Putri Rasyid Membangun UMKM di Kalteng dan Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Agustus 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hari ini, Sabtu, 26 Agustus 2023, Monica Putri Rasyid,  telah berusia 30 tahun. Monica Putri Rasyid merupakan sosok perempuan muda yang sangat berpengaruh dan memberi inspirasi bagi banyak orang, termasuk generasi muda di daerah Kalimatan Tengah, bahkan Indonesia.

Putri dari pasangan pengusaha daerah asli Kalimantan Tengah, H Abdul Rasyid AS dan Hj Nuriyah ini telah menyelesaikan pendidikan Magister di Bond University, Australia. Ia kemudian memutuskan untuk kembali ke tanah air dan membangun daerah.

Dia memiliki tekad yang sangat kuat untuk meningkatkan UMKM dan menciptakan para entrepreneur muda. Inilah yang menjadi langkah awal munculnya pemikiran untuk mendirikan Klinik Bisnis, sebuah wadah yang dapat membantu dan memfasilitasi para penggiat UMKM atau entrepreneur di daerah untuk dapat tumbuh dan berkembang.

Berada di bawah naungan Yayasan Abdul Rasyid atau yang lebih dikenal Abdul Rasyid Foundation, platform Klinik Bisnis yang didirikan oleh Monica pada 29 November 2020 hadir dengan memberikan solusi nyata membantu penggiat UMKM agar mampu scale-up melalui program kelas edukasi yang disebut Kelas Klinik Bisnis atau KKB, berisi pembelajaran seputar finansial, marketing, branding, dan ekspor.

Kemudian controlling & mentoring didukung dengan adanya modal pengembangan usaha dengan total hingga ratusan juta, program KH 26 Safari UMKM hingga ke daerah-daerah pelosok dan masih banyak lainnya

Menariknya, KH 26 atau Kelompok Hebat Klinik Bisnis yang digagas oleh Monica ini membuka kacamata publik untuk melihat lebih jelas penggiat UMKM daerah yang memiliki potensi-potensi luar biasa dan mampu mengangkat kearifan lokal di daerah untuk lebih dikenal oleh dunia mancanegara.

Monica Putri Rasyid tak pernah henti membantu pelaku UMKM. Terbukti hingga saat ini, Klinik Bisnis telah memiliki puluhan ribu UMKM yang mendaftar dan ratusan mitra binaan UMKM yang terbagi pada setiap angkatan.

Angkatan pertama di tahun 2021 dengan mitra skala Kalimantan Tengah, angkatan ke-II tahun 2022 mitra se-kalimantan, dan angkatan ke-III tahun 2023 ini dengan mitra se-Indonesia.

Perjalanan panjang Monica Putri Rasyid dalam membangun daerah Kalimantan Tengah patut diapresiasi karena dengan program pengembangan UMKM yang dilakukannya telah banyak para penggiat UMKM yang mampu tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat, bahkan meraih kesuksesan berkat dijembatani oleh Abdul Rasyid Foundation dan Klinik Bisnis yang dipimpin oleh Monica.

Tak hanya bergerak mengembangkan UMKM, putri daerah yang lahir pada 26 Agustus ini juga sangat aktif dalam misi-misi sosial, pendidikan, dan budaya. Ia senang memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, membantu anak-anak muda yang kesulitan dalam biaya pendidikan melalui pemberian beasiswa dan masih banyak lagi program-program bantuan yang dijalankan.

Bertepatan dengan hari kelahirannya ini, Monica Putri Rasyid bertekad untuk terus membantu semakin banyak penggiat UMKM serta putra putri daerah dan anak-anak negeri lewat program-program unggul lainnya dari Abdul Rasyid Foundation dan Klinik Bisnis. Di antaranya tepat hari ini telah dibagikan 300 paket alat-alat olahraga untuk sekolah tingkat SMP atau SMA/ sederajat di seluruh Indonesia, dengan total bantuan 500 juta rupiah.

Selanjutnya, perempuan berparas cantik ini akan terus konsisten mendukung UMKM daerah dan Indonesia agar mampu scale-up dan mandiri lewat program-program unggulan Abdul Rasyid Foundation dan Klinik Bisnis. 

Pada hari ulang tahunnya ini, Monica menyampaikan harapannya di usia mutiara ini agar dapat membantu lebih banyak orang ke depannya. Menjadi cahaya yang senantiasa menebar kebaikan dan kebahagiaan kepada orang lain, termasuk membantu semakin banyak UMKM daerah dan Indonesia.

"Di usia mutiara ini saya berharap dapat menebar kebahagiaan dan membantu lebih banyak orang termasuk para penggiat UMKM. Mengembangkan UMKM untuk membangun daerah dan Indonesia. Semangat dari UMKM Kita Bangun Daerah dan Indonesia," tutur Monica. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru