Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Gandeng Perguruan Tinggi Perkuat Daya Saing Pemuda

  • Oleh ANTARA
  • 26 Agustus 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), menggandeng perguruan tinggi di provinsi setempat, guna memperkuat daya saing dan kualitas pemuda dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

"Program pengembangan dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) pemuda ini berfokus pada pemberian beasiswa bagi anak-anak untuk kuliah dan menjadi sarjana," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Septedy di Kapuas, Sabtu.

Pihaknya juga ingin warga Kabupaten Kapuas yang telah menempuh pendidikan SMP dan SMA kelak bisa menjadi sarjana.

Dia mengatakan sejumlah rencana program untuk meningkatkan kemajuan daerah seiring peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup warga kota, melalui pendidikan dan peluang berusaha serta peningkatan pendapatan.

"Ini juga adalah momentum penting untuk memperkuat kerja sama Pemkab Kapuas dan perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Palangka Raya," katanya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) Dr Muhammad Yusuf menegaskan pihaknya berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM di Kalimantan Tengah, termasuk Kabupaten Kapuas.

"Kami akan terus berperan aktif dalam menyediakan program pendidikan dan pelatihan dan peningkatan kualitas pemuda yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja lokal," katanya.

Selain itu Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan pemkab untuk mengidentifikasi dan menangani isu-isu penting dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat setempat. Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas dan potensi daerah secara keseluruhan.

"Dengan berfokus pada pendidikan dan pengembangan SDM, kolaborasi antara UMPR dan Pemkab Kapuas dapat menciptakan peluang baru bagi para siswa dan masyarakat untuk mengakses pendidikan berkualitas serta mengembangkan keterampilan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja masa depan," katanya.

Rektor juga mengajak semua pihak, termasuk instansi pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), untuk berpartisipasi dalam inisiatif ini sehingga upaya pengembangan SDM dapat berjalan lebih efektif dan terintegrasi.

"Dengan kerja sama yang kuat antara UMPR dan Pemkab Kapuas akan semakin terwujud lingkungan kerja yang lebih berkualitas dan berdaya saing, serta kesempatan bagi anak-anak untuk meraih pendidikan tinggi dan menjadi motor penggerak pembangunan di wilayah tersebut," katanya.

ANTARA

Berita Terbaru