Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Rabies Meningkat Tajam di Kalteng, PMK Nihil

  • Oleh Marini
  • 27 Agustus 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) gencar melaksanakan penanganan penyakit pada hewan, yang didominasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta rabies.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kalteng Edy Pratowo, saat ini penanganan rabies di beberapa kabupaten/kota gencar dilaksanakan vaksinasi. Dirinya mengatakan terdapat kasus-kasus rabies akibat gigitan anjing atau hewan lainnya.

"Penyebab utamanya karena rendahnya kesadaran melaksanakan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan dan kebiasaan masyarakat yang membiarkan hewan peliharaannya berkeliaran, tanpa dilindungi. Sedangkan, untuk penanganan penyakit PMK pada hewan dengan memberikan obat antibiotik, antipiretik, dan vitamin," ucapnya, Sabtu 26 Agustus 2023.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyedikan Penyakit Hewan Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Palangka Raya, drh Agnes memberikan data bahwa untuk PMK jumlah kasus 2022 sebanyak 1026, tahun 2023 sampai saat ini nihil. Sedangkan rabies tahun 2021 jumlah kasus 22, tahun 2022 jumlah kasus 26, dan tahun 2023 jumlah kasus 60.

"Terkhusus rabies mendominasi berasal dari gigitan, cakaran, dan air liur anjing. Tahun ini kasus rabies meningkat, bahkan saat ini Kalteng masuk zona merah," katanya.

Lanjutnya, untuk PMK pada tahun 2022 kasus terbanyak berada di Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 358 kasus, disusul oleh Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 190 kasus, kemudian Kota Palangka Raya sebanyak 162 kasus, dan Kabupaten Barito Utara sebanyak 120 kasus. (MARINI/H)

Berita Terbaru