Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menkes: Mayoritas Kematian Akibat Kanker Terjadi di Negara Berkembang

  • Oleh ANTARA
  • 27 Agustus 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi menyatakan hampir 70 persen kematian akibat kanker di dunia terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia karena didiagnosis pada stadium lanjut.

“Hal ini terjadi karena dua dari tiga pasien kanker di Indonesia didiagnosis pada stadium lanjut,” katanya dalam seminar berjatuk Precision Oncology Symposium: Addressing Diagnostic Gaps in Personalized Cancer Care oleh Roche Indonesia di Jakarta, Sabtu.

Padahal, Budi menuturkan, 30 persen sampai 50 persen kanker bisa diobati jika ditemukan di awal sedangkan kebanyakan pasien didiagnosis ketika sudah pada stadium akhir.

Ia menjelaskan, diagnosis kanker yang terlambat salah satunya disebabkan oleh kurangnya jumlah dokter spesialis dan alat kesehatan yang menyebabkan antrian panjang dan waktu tunggu yang lama.

“Itu menyebabkan akses ke pelayanan rujukan kanker amat terbatas,” ujar Budi.

Tak hanya itu, kemampuan tenaga kesehatan untuk mendiagnosis kanker juga belum optimal yang menyebabkan kurangnya kualitas pelayanan di rumah sakit.

Sementara itu, ia mengatakan pendekatan diagnosis kanker perlu mengikuti perkembangan teknologi terbaru karena pemeriksaan kanker berbasis genetik dapat membantu pemeriksaan kanker secara dini, akurat, dan tepat.

Pengembangan layanan precision medicine juga penting dalam mendeteksi risiko kanker secara dini, mendeteksi biomarker obat demi terapi yang presisi.

Namun upaya menanggulangi kanker secara masif dan terintegrasi memerlukan dukungan semua pihak dan peran dari organisasi profesi, swasta, dan organisasi masyarakat sebagai mitra.

“Pembangunan kesehatan nasional terus dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama dalam menyehatkan bangsa,” katanya.

Berita Terbaru