Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rabies Masih Dominasi Jenis Penyakit Menular Strategis di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Agustus 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti menyampaikan, saat ini jenis penyakit menular strategis di Kalteng masih didominasi oleh Rabies.

"Kasus rabies tergolong penyakit menular pada hewan yang dapat menular pada manusia (zoonosis)," ungkap Sunarti saat Rapat Koordinasi PMHS dan Pelaporan PMK di Best Westerm Hotel, Palangka Raya, baru baru ini.

Sunarti menyampakan Rakor PMHS membahas perkembangan kasus penyakit hewan menular stategis di Kalteng dan penanganannya.

Ia menyampaikan penyakin menular lainnya selain rabies ada Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) namun, saat ini Kalteng sudah reported zero case sejak Agustus 2022.

"Sedangkan program vaksinasi PMK telah dilaksanakan sejak tahun 2021," tambahnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kalteng, Sri Widanarni mengingatkan penting perilaku hidup bersih dan sehat serta vaksinasi pada hewan.

Ia mengakui Kalteng sempat dihebohkan dengan adanya PMK pada ternak Sapi dan berkat kerja keras dan koordinasi yang baik, Kalimantan Tengah dapat terbebas dari PMK.

"(Kalteng) mendapat penghargaan atas zero case (PMK)," tuturnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru