Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Harus Mampu Mengembangkan Perekonomian Masyarakat Melalui BUMDes

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 28 Agustus 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulang Pisau Herman Wibowo meminta, pemerintah desa agar mampu menumbuhkembangkan perekokomian masyarakat desa melalui pengelolaan Badan usaha Milik Desa (BUMDes).

"Dengan menumbuhkan perekonomian masyarakat tentunya akan berdampak pada kehidupan sosial yang semakin sejahtera," ucapnya.

Mengingat potensi yang miliki di sejumlah Desa, sangat banyak yang memiliki peluang dalam menggerakkan roda perekonomian di desa sehingga keberadaan BUMDes diharapkan banyak memiliki dampak positif bagi masyarakat desa.

Berdasarkan data hasil pendataan yang dilakukan saat ini tercatat sebanyak 32 BUMDes dalam kategori masih aktif dan tujuh BUMDes sudah berbadan hukum yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau dari data sebelumnya sebanyak 80-an BUMDes.

"Langkah yang akan kami ambil ialah melakukan pemetaan terkait profil, kebutuhan, unit usaha, dan permalahan yang dihadapi BUMDes tersebut sehingga pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa melakukan interverensi program kegiatan dan pembinaan secara terukur," katanya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan upaya pendanpingan dan pembinaan, karena selain untuk mendorong kemajuan perekonomian desa.

Pembentukan BUMDes merupakan amanat undang-undang, Inilah yang menjadi rujukan pembangunan desa, pemberdayaan dan pembangunan wilayah perdesaan yang terintegrasi dan berkelanjutan. (M PRADILA KANDI/J)


TAGS:

Berita Terbaru