Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebuah Kapal Karam di Muara Sungai Mentaya

  • Oleh Buddi Rahmat H
  • 29 Agustus 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebuah Kapal Layar Motor atau KLM Berkat Sentosa Jaya karam di muara Sungai Mentaya Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Semua Anak Buah Kapal (ABK) dinyatakan selamat, Senin, 28 Agustus 2023.

Direktur Ditpolairud Polda Kalteng Kombes Pol. Boby Pa’ludin Tambunan melalui Aipda Choirul Mahfud selaku Komandan KP XVIII-2006 membenarkan kejadian peristiwa itu terjadi pada Senin, 28 Agustus 2023 sekitar pukul 13.30 WIB.

"Kami mendapatkan informasi bahwa ada kapal tenggelam KP XVIII-2006 berkordinasi dengan instansi terkait kemudian diinformasikan kepada petugas TNI AL , KPLP, Pihak Basarnas dan KSOP Sampit dan langsung menindaklanjuti laporan tersebut," kata Aipda Choirul Mahfud, Selasa, 29 Agustus 2023.

Chairul menambahkan, kapal layar motor tersebut bertolak dari Bontang Kalimantan Timur (Kaltim) hendak menuju Sampit dengan membawa muatan Pupuk sawit. Namun, sesampainya di tempat kejadian kapal tersebut dihantam ombak.

"Tanpa diduga air laut masuk dengan cepat, kondisi laut gelombang tinggi. Dan upaya membuang air menggunakan mesin pompa tidak membuahkan hasil sehingga kapal akhirnya karam," jelasnya.

Sementara itu berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis Stasiun Meteorologi Haji Asan Kotawaringin Timur pada Senin (28/8) ketinggian gelombang berkisar satu hingga dua meter pada siang dan malam hari.

Dalam upaya pencarian, pada pukul 14.00 WIB, 16 personil dari TNI AL, KPLP dan Tim Rescue Unit Siaga SAR Sampit telah dikerahkan menuju lokasi kejadian, Tim ini menggunakan 1 unit KP XVIII-2006 Ditpolairud Polda Kalteng 1 unit dari kapal BASARNAS dan 1 unit kapal KPLP dengan jarak 41 NM heading 355 derajat.

Kondisi laut saat tim evakuasi dalam keadaan normal, dan seluruh ABK yang berjumlah 8 orang dinyatakan selamat dan telah di evakuasi oleh tim gabungan.

"Semua kondisi ABK 8 orang yang selamat itu dalam keadaan baik dan saat ini sedang dalam proses pemulihan dan dilakukan identifikasi untuk data-data ke keluarga ABK untuk kami sampaikan," lanjut Choirul. (BUDDI RAHMAT H/J)

Berita Terbaru