Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenkominfo Tegaskan Peran Aktif Pemerintah Hidupkan SPBE

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Agustus 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan peran aktif pemerintah dalam menghidupkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Bambang Dwi Anggono menyampaikan pemerintah telah menyediakan solusi terkait penghidupan SPBE.

“Pemerintah Pusat sudah menyediakan solusi untuk membantu Pemerintah Daerah yang anggarannya terbatas agar bisa menghidupkan SPBE-nya,” ungkapnya saat menghadiri secara virtual workshop Infrastruktur SPBE di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Ia menekankan saat ini sudah masuk era dimana suatu instansi pemerintah tidak harus membelanjakan APBD-nya sedemikian besar untuk mendapatkan pelayanan digital demi pemerintahan yang canggih.

Sebagai informasi, SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan.

Sistem ini memiliki tiga tujuan utama, pertama sebagai langkah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Kemudian tujuan kedua mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya dan terakhir mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru