Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tongkang Sarat Muatan Kayu di Sungai Katingan Hantam Permukiman Warga Pegatan, Begini Kronologinya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Agustus 2023 - 08:52 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Sebuah tongkang sarat muatan kayu log larut dan menghantam perumahan warga di Sungai Katingan tepatnya di dua RT yakni RT 06 dan RT 07 Kelurahan Pegatan Hulu Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan, Selasa,  29 Agustus 2023 sekitar pukul 02.30 WIB. 

Camat Katingan Kuala, Hariyadi Utomo yang dikonfirmasi terkait itu membenarkan kejadian tersebut. 

Berdasarkan laporan yang diterima,  terutama dari pihak Markas Komando Polairud perwakilan Pegatan, kata Camat Katingan Kuala Hariyadi Utomo,  untuk sementara tongkang larut yang menghantam perumahan warga itu karena dipengaruhi oleh cuaca buruk,  yakni terjadi arusb daerah aliran sungai (DAS) Katingan kuat dan terjadi angin kencang di wilayah tersebut. 

"Tidak ada korban jiwa. Kejadiannya pada hari Selasa tanggal 29 Agustus 2023 sekitar jam 02.30 WIB,  tongkang bermuatan kayu larut menghantam rumah permukiman warga yang ada di tepi sungai," jelas Hariyadi Utomo. 

Adapun kejadiannya di RT  06 dan RT 07 Kelurahan Pegatan Hulu, Kecamatan Katingan Kuala.

Sementara identitas rumah dan harta benda yang hancur akibat togkang larut tersebut, yakni milik Iting mengalami kerusakan dapur rumahnya. 

Kemudian H Indi yang rumahnya hancur total. Lainnya rumah milik H Amian Klotok, Ono Hamim, H Angking,  H Andrian dan Ikip yang juga rusak parah. 

Camat mengaku saat kejadian posisi tongkang bermuatan kayu tersebut tambat/labuh jangkar di tengah Sungai Katingan, namun kemudian arus sungai deras dan terjadi angin kencang sehingga tongkang larut hingga menabrak permukiman warga tersebut. 

Untuk kerugian material akibat tongkang larut itu,  imbuh Camat ditaksir sebesar Rp 600 juta. 

Pihak kecamatan sejuah ini terus melakukan koordinasi dengan Polsek Katingan Kuala, Satpolairud Res Katingan, Pos TNI AL Pegatan dan Syahbandar Katingan Kuala.

Berita Terbaru