Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sungai Bakau Harapkan Perhatian Pemprov Kalteng Tingkatkan Jalan Desa

  • Oleh Donny Damara
  • 30 Agustus 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setelah melaksanakan reses di Desa Sungai Rangit Jaya Legislator Kalteng, Jubair Arifin melanjutkan reses di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Di desa itu ia menghimpun sejumlah aspirasi masyarakat salah satu diantaranya yakni masyarakat Sungai Bakau mengharapkan adanya perhatian Pemprov Kalteng untuk meningkatkan jalan desa tersebut.

"Masyarakat disaba mengharapkan Pemprov Kalteng agar membangun atau meningkatkan jalan yang ada terutama yang melintasi depan kantir desa Sungai Bakau," katanya, Rabu, 30 Agustus 2023.

Bukan tanpa alasan masyarakat menginginkan Pemprov Kalteng memperhatikan jalan tersebut. Pasalnya, jalan itu merupakan bagian dari program Pembangunan Prasarana Pendukung Desa Tertinggal (P3DT) dimasa kepemimpinan presiden Soeharto.

Sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 1993 tentang Peningkatan Penanggulangan Kemiskinan (PPK) pemerintah telah membuat suatu program yaitu Inpres Desa Tertinggal (IDT).

"Jadi wajar jika itu harus dilanjutkan oleh Pemprov Kalteng. Sebenarnya pemdes setempat sudah pernah mengusulkan melalui APBD desa tapi ternyata tidak mampu," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya diusulkan kembali melalui APBD Kabupaten, namun ternyata penanganan jalan tersebut memang menjadi kewenangan pemprov. Sehingga, Pemkab Kobar pun tidak bisa melaksanakan kewenangan itu.

"Untuk itu, saya pun meminta kepada Pemprov Kalteng melalui instansi terkait, supaya dapat menjalankan wewenang tersebut untuk membangun atau meningkatkan ruas jalan yang melintasi kantor Desa Bakau," pintanya.

Diterangkannya untuk badan jalan sudah ada, namun masih perlu ditingkatkan lagi. Ia berharap aspirasi ini dapat ditindak lanjuti ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng. (DONNY D/J)

Berita Terbaru