Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Yogyakarta Kampanyekan Makan Ikan Laut

  • 11 April 2016 - 19:51 WIB

FORUM Koordinasi Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Yogyakarta menggelar kegiatan kampanye makan ikan laut untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa ikan laut bisa diolah menjadi beragam menu dan rasanya tidak amis.

'Konsumsi ikan laut di DIY dan Kota Yogyakarta masih sangat rendah. Melalui kampanye ini, kami ingin meningkatkan konsumsi ikan khususnya ikan laut,' kata Perwakilan Forum Koordinasi Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Yogyakarta, Benny Nurhantoro.

Menurut dia, konsumsi ikan budi daya di DIY sudah cukup tinggi yaitu mencapai 71.000 ton per tahun sehingga dinilai tidak membutuhkan upaya apa pun untuk mendongkrak konsumsi ikan tersebut.

Namun, angka konsumsi ikan tangkap di DIY masih 5.000 ton per tahun. Ditargetkan tingkat konsumsi ikan tangkap di DIY bisa mencapai

71.000 ton per tahun atau setidaknya 200 ton per hari.

Guna mewujudkan target tersebut, lanjut Benny, dibutuhkan berbagai upaya di antaranya meningkatkan jumlah ikan laut yang didistribusikan ke DIY sehingga masyarakat bisa dengan mudah memperoleh ikan laut yang segar dan harganya terjangkau.

Benny menambahkan, selama ini banyak ikan tangkap dari Pantai Sadeng di Kabupaten Gunungkidul yang langsung dijual ke Semarang baru kemudian didistribusikan ke DIY sehingga kualitasnya sudah tidak segar.

'Jika ingin ikan segar itu langsung dijual ke DIY, maka perlu 'mencegat' nelayan yang baru pulang melaut,' katanya.(ANT/B-11)

Berita Terbaru