Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

1.573 KK Korban Banjir Harap Bantuan Makanan

  • 11 April 2016 - 20:21 WIB

BANJIR yang semula hanya merendam 7 de'sa dan satu ibukota Kecamatan Dadahup, tapi kini sudah meluas dan sudah merendam 11 desa, Senin (11/4/2016).

Sebelumnya hanya Desa Tambak Bajai, Bentuk Jaya, Harapan Baru, Manuntung, Sumber Agung, Kahuripan Permai, Tanjung Harapan, dan Dadahup yang terendam', kini genangan banjir jura melanda Desa Sumber Alaska, Bina Jaya, dan Petak Ba'tuah.

'Dengan total korbannya mencapai 1.573 KK. Meluas'ny'a banjir ini karena air pasang kiriman Sungai Barito menunggi,' papar Camat Dadahup, Randu Ramba.

Kini para korban banjir berharap bantuan dari pemerintah. Ini karena dampak banjir membuat aktivitas warga lumpuh total, akibatnya ada beberapa desa teresolasi dan terancam rawan pangan.

Di sisi lain pihak kecamatan tidak bisa berbuat banyak untuk memberikan bantuan kepada korban banjir karena tidak punya dana.

Kasi Rehabilitasi Badan Pe'nanggulangan Bencana Dae'rah (BPBD) Kapuas, Pander'li menyebut ada beberapa desa yang perlu bantuan karena kondisinya memprihatin'kan.

'Yakni Desa Tambak Bajai dan Tanjung Harapan,' ung'kap'nya. Teresolasinya dua desa ini karena ketinggian air mencapai 1,70 meter.

'Dengan ketinggian air se'perti itu masyarakat tidak bisa bertani, mencari rotan, dan mencari ikan. Otomatis me'reka tidak bisa mencari naf'kah,' ujarnya.

Kepala BPBD Kapuas, Nor Alamsyah belum bisa membe'rikan bantuan karena masih menunggu SK Tanggap Daru'rat.

'Kami masih menunggu SK yang masih proses, karena itu sebagai dasar memberikan bantuan.'

'Di BPBD  ini ada dana un'tuk bencana, namun anggar'an yang sudah ditetapkan tidak sesuai lagi dengan harga ba'rang di pasar sekarang,' ujarnya. (PP/B-6)

Berita Terbaru