Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Manfaat dari Castrasi bagi Hewan Penular Rabies

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 September 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengatakan bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan Castrasi atau steril pada hewan jantan, terutama Hewan Penular Rabies atau HPR.

Salah satunya ialah menekan jumlah kasus penyebaran dan penularan rabies di antara HPR seperti kucing dan anjing.

"Banyak sekali manfaat Castrasi sebenarnya. Salah satunya terkait penularan rabies. Kita tau penularan rabies ini sangat tinggi ketika musim kawin karena saat itu hewan liar dari segala penjuru bisa datang berkumpul sehingga kemungkinan penularan rabies semakin tinggi," kata drh Eko kepada Borneoenews pada Jumat, 1 September 2023.

Dengan melakukan Castrasi pada HPR, lanjut Eko, HPR tidak akan terpengaruh dengan musim kawin.

"Karena sudah Castrasi maka hewan ini tidak akan terlalu membabibuta mencari betina untuk di musim kawin, sehingga kemungkinan tertularnya pun akan semakin kecil," terangnya.

Manfaat lainnya, lanjut Eko, hewan yang sudah dicastrasi akan lebih tenang dan tidak akan bisa menambah keturunan.

"Seperti kita tahu juga bahwa banyak hewan yang tertular rabies ini adalah hewan terlantar. Kalau di Palangka Raya terlantar dalam artian sebenarnya hewan itu berpemilik namun tidak dipelihara di halaman pribadi atau berpagar. Sehingga dianggap liar. Jika tidak dicastrasi maka jumlahnya akan bertambah banyak tetapi dengan Castrasi, jumlahnya akan tetap atau kalaupun bertambah karena ada yang belum Castrasi, jumlahnya juga tidak meningkat pesat. Sehingga jumlah kasus rabies pun tidak akan meningkat tajam," tegasnya.

Karena itulah di bulan September ini tepatnya saat Hari Rabies Sedunia pada 28 September nanti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya akan menggelar program steril gratis untuk memperingatinya.

"Kegiatannya kita laksanakan tanggal 30 September karena tanggal 28 itu kan bertepatan dengan Maulid Nabi, sehingga kita tunda menjadi tanggal 30. Kita adakan steril atau Castrasi gratis, vaksin rabies, pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin gratis," terangnya. (TESTI PRISCILLA/Y)


TAGS:

Berita Terbaru