Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Steril Jantan untuk Kendalikan Populasi HPR di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 September 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka Hari Rabies Sedunia atau HRS yang diperingati setiap bulan September, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya menggelar kegiatan steril gratis bagi anjing dan kucing lokal jantan pada 30 September mendatang.

"Mungkin banyak yang bertanya, kenapa kok Hari Rabies Sedunia kita malah melakukan program steril gratis bukan kegiatan vaksin rabies gratis, misalnya. Vaksin rabies gratis tetap kita laksanakan, bersamaan juga dengan pemberian vitamin dan pemeriksaan kesehatan, namun kegiatan steril ini juga erat kaitannya dengan pengendalian kasus rabies," kata Kepala UPTD Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono kepada Borneonews pada Jumat, 1 September 2023.

Menurut Eko, jumlah populasi sangat erat kaitannya dengan jumlah kasus rabies. Semakin banyak hewan penular rabies atau HPR, apalagi yang terlantar, maka kasus rabies juga kemungkinan akan lebih besar.

"Itu pertama. Kedua, karena di Palangka Raya ini program vaksin rabies sudah dilakukan, bahkan sudah ada kader-kader yang siap datang ke rumah masyarakat untuk memberikan vaksin rabies secara gratis, makanya untuk Hari Rabies Sedunia kita laksanakan programnya steril gratis," bebernya.

Tujuannya ialah untuk menghambat pertambahan populasi hewan terlantar sebenarnya, karena yang banyak membawa virus rabies ini kan karena hewan terlantar tidak berpemilik ini.

"Jika populasi hewan ini terus bertambah tanpa ada kepemilikan yang jelas, maka kemungkinan anjing itu tidak bertuan dan terlantar juga makin besar," tegasnya.

Kalau terlantar, katanya lagi, maka kemungkinan tertular rabies pun juga akan semakin besar.

"Steril pada anjing dan kucing betina mengacu pada pengangkatan organ reproduksi yakni ovarium, saluran telur, rahim. Sementara steril pada hewan jantan berarti mengangkat testisnya. Sterilisasi mencegah hewan berkembang biak sehingga mengurangi over populasi hewan peliharaan. Sterilisasi juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan dan juga mengurangi masalah perilaku tertentu yang tidak diinginkan," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru