Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Lapangan Bertentangan Dengan PDAM Terkait Air Untuk Karhutla

  • Oleh Marini
  • 04 September 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Petugas lapangan pemadam api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Kota Palangka Raya, memberikan komplainnya terhadap tindakan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam)/PDAM Palangka Raya terkait hydrant.

Pihak PDAM mengatakan, untuk pengambilan air Karhutla diarahkan ke Jalan Ahmad Yani yang telah disiapkan 3 titik pengambilan air. Untuk tempat lain akan menggangu tekanan masyarakat.

Ketua Tim Emergency Response Palangkaraya (ERP), Jean Steve Austen tidak sependapat dengan tindakan Perumdam Palangka Raya tersebut. 

Bahwa menurutnya untuk daerah di Jalan Tingang Ujung atau Jalan Gurame pengambilan air Jalan Ahmad Yani memakan waktu, serta sempat terjadinya kebakaran yang meluas.

"Tolong dikaji ulang, mending pelayanan kepada masyarakat yang terganggu, daripada pada kebakaran hutan lebih besar dan menimbulkan dampak yang lebih parah kepada masyarakat," ucapnya, di group WA Info Bencana PKY, Minggu 3 September malam.

Dirinya mengatakan niat semua petugas lapangan untuk menyelamatkan ribuan jiwa manusia dari bahaya karhutla dan kabut asap, hal tersebut jangan dipersulit.

"Kemanaa mikirnya lah, tkp diujung tingang, disuruh geser ke Ahmad yani, dari berangkat ke sana sudah memakan waktu berapaa Apakah api tidak merembet Pasti merembet dan meluas, dan apakah jalur jalan kesana tidak dipikirkan Ini aja jalan banyak dialihkan, berapa waktu lagi terbuang. Mantap dah PDAM," tegasnya.

Ia menambahkan, bahwa sikap PDAM tersebut mungkin lebih berharga pelanggan yang komplain, daripada menyelamatkan ribuan masyarakat Kota Palangka Raya terbebas dari Karhutla dan kabut asap. (MARINI/H)

Berita Terbaru