Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa STAI Kuala Kapuas Diberi Tips Tangkal Informasi Hoaks saat Ikuti Pelatihan Jurnalistik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 September 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuala Kapuas diberikan tips menangkal informasi hoax dan bijak bermedia sosial.

Materi itu disampaikan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kapuas pada kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang digelar STAI Kuala Kapuas pada Senin, 4 September 2023.

Dalam hal ini, materi yang diberikan terkait bijak dalam bermedia sosial dan menangkal hoax yang disampaikan oleh Gusti Mahfuz selaku Pranata Humas Ahli Muda pada Dinas Kominfo Kapuas. 

Selanjutkan terdapat juga materi mengenai penyuntingan naskah dan foto jurnalistik yang disampaikan oleh Dedy Purnadibrata yang juga selaku Pranata Humas Ahli Muda pada Dinas Kominfo Kapuas. 

Gusti Mahfudz dalam materinya menjelaskan mengenai berbagai macam cara membedakan berita fakta dan hoax serta tips bijak dalam penggunaan media sosial.

"Jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang disebarkan, jaga etika dalam bermedia sosial, filter atau saring informasi yang akan dibagikan dan jangan bagikan informasi atau data pribadi anda secara mudah di media sosial,” katanya.

Sementara itu, Dedy Purnadibrata dalam materinya menjelaskan bahwa foto jurnalistik merupakan foto yang di dalamnya terdapat informasi yang dapat diketahui pembaca. 

"Di dalam foto jurnalistik ini menampilkan gambar-gambar yang hanya dengan melihatnya saja, sudah terdapat informasi yang disampaikan," ucapnya.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi dari para peserta dan ditanggapi oleh narasumber yang mana memberikan wawasan baru, ide dan kritik yang membangun. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru